Cara Terbaik Mengelola Uang Agar Tetap Kaya

Nah, kali ini Mindu mau bahas topik yang udah di request oleh banyak banget orang nih, dan buat kamu semua yang ngerasa boros banget anaknya, sama belum dapet cara yang pas buat mengelola dan mengembangkan penghasilan kamu, kamu bisa ikutan baca postingan ini ya!

Nah, kalau kamu sendiri biasanya gimana sih cara mengelola keuangan kalau abis gajian? Btw kalau ada yang masih dibingungin atau mau ditanyain terkait penjelasan di atas, feel free buat komen di bawah ya. Kita sharing bareng-bareng gaes.

Banyak dari kita yang sudah lelah bekerja bertahun – tahun namun hasil tetap tidak kelihatan. Nah, sebenarnya salahnya dimana sih? Semua itu berasal dari cara pengelolaan uang yang salah. Apabila bisa mengelola uang dengan baik, maka sudah pasti bekerja terasa tidak sia – sia dan punya hasil yang dapat dinikmati. Sebenarnya gimana sih cara mengelola uang yang sangat baik dan benar?

Sebelum mindu kasih tau caranya, mindu mau tanya dulu deh beberapa hal sama kamu, di jawab ya tapi jawab sendiri di dalam hati aja.

  1. Biasanya setelah terima gaji, apa yang kamu lakukan?
  2. Berapa banyak duit yang kamu habiskan setiap bulan?
  3. Berapa banyak duit yang kamu tabung dan investasikan?

Totalin sendiri ya sama kamu hehe

Nah, kalau kamu udah tau jawabannya, sekarang mindu akan kasih tau cara simpel untuk mengelola penghasilan yang kamu dapatkan dan mulai menumbuhkan aset finansial kamu.

Biasanya pakai the 50/30/20 Rule. Maksudnya adalah 50% kebutuhan, keinginan 30%, ditabung dan investasi 20%.

The 50-30-20 Budget | ANZ

50% Penghasilan untuk Kebutuhan

  • Biaya makan sehari – hari
  • Transportasi atau bensin
  • Biaya rumah tangga seperti listrik, air, dsb

30% Penghasilan untu Keinginan

  • Jajan
  • Hangout
  • Beli barang kesukaan

20% Penghasilan untuk Ditabung dan Investasi

  • Dana Darurat
  • Investasi di saham, reksadana, deposito, atau instrumen investasi lainnya
  • Investasi pada diri sendiri seperti ikut seminar atau beli buku (intinya upgrade kualitas diri kamu)

Ada yang mau ditanyain terkait mengelola penghasilan dengan cara 50/30/20 ini nggak? atau masih ada yang dibingungin?