Investasi Emas itu Nggak Boleh Asal

Iya, udah sering dibahas, tapi tetep aja jadi masalah yang paling mendasar kenapa tuh? Bahkan kalau ditanya ke banyak orang, ya kemungkinan jawabannya model kayak begitu atau bisa dibilang template yaaa
⁣⁣
Makanya, Mindu sih cuma mau ngingetin lagi aja. Kali aja di antara kamu masih ada yang terjebak di hal-hal klasik yang kayak gini. Kalau tiba-tiba jadi sadar kan bisa langsung diperbaiki tuh kebiasaannya. Ya nggak? Hehe

3 Hal Klasik Milenial Alami Masalah Finansial

  1. Kurang Pemahaman
    Banyak kaum milenial yang sering mengalami masalah finansial karena hal ini. Ikut investasi karena cuma ikut  – ikutan trend aja. Menabung asal dan semaunya aja, pemahaman soal kapan waktu yang tepat untuk investasi, harus beli asuransi apa, dan lainnya juga suka dicuekin.
  2. Konsumtif
    Ini nih yang paling klasik, liburan mulu padahal tabungan masih minim. Asal ikutan flash sale padahal barangnya nggak perlu perlu amat. Atau nongkrong di cafe mahal bareng temen cuma supaya bisa dibilang gaul dan keren kalau update IG Story.
  3. Gak Disiplin
    Self-reward berlebihan, nabung kalau ada sisa aja, ini yang fatal. Tapi kedengarannya klasik banget ya? Tapi itu penting loh. Cobalah untuk disiplin dalam menabung, nggak perlu gede jumlahnya, yang penting disiplin.

    Misal dari total ongkos jalan atau jajan kamu hari ini, sisihin aja 5rb atau 10rb, tapi disiplin, lakuin sampai setahun. Efek dan hasilnya pasti berasa, dan nggak berat juga pastinya buat kamu.

Nah, investasi emas yang sering dilakukan oleh kaum milenial ini juga sangat populer. Namun, apakah kamu tahu bahwa investasi emas itu nggak boleh ngasal?

Investasi Emas dalam Perspektif Hukum Islam | Bincang Syariah

Emas saat ini diangggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan, karena harganya terus naik setiap tahun dan nggak turun drastis. Tapi, bukan berarti investasi emas itu mudah dan bisa semaunya ya!

  1. Buat Rencana Jelas
  2. Perhatikan Kemampuan Finansial
  3. Pantau Harga Emas
  4. Simpan Emas di Tempat Aman

Jika kamu sudah memperhatikan hal diatas, barulah kamu bisa melakukan investasi emas dengan sangat aman.

Pentingnya Melek Finansial dan Tips Menabung

Banyak dari kita yang tidak mengerti bagaimana cara mengelola uang dengan benar. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya kesadaran dan tidak memiliki tujuan yang jelas. Hal seperti ini sangat berisiko karena anda akan mempertaruhkan masa tua anda jika terus – terusan tidak mencoba berubah.

Sebagian besar orang yang sudah mengerti dan mencoba untuk membuat rencana keuangan pun masih bisa gagal karena kurangnya konsistensi dalam pelaksanaannya. Apalagi bagi anda yang belum memulai membuat rencana keuangan.

Hasil Survei Melek Finansial

Menurut survei yang dilakukan, kenyataannya penduduk Indonesia yang sudah dewasa yang melek keuangan hanya sekitar 32%. Ini adalah angka yang sangat kecil sekali karena berdampak kepada negara. Sementara di negara lain, beberapa negara mencapai angka 65% yang melek keuangan sehingga negara tersebut lebih aman dan bebas dari kemiskinan.

Diharapkan untuk orang dewasa seharusnya sudah bisa melek finansial. Hal ini dapat diajarkan sedari kecil sehingga ketika sudah dewasa orang tersebut tidak akan kesusahan. Mengambil keputusan – keputusan di dalam konteks keuangan bukan hal yang dapat dipelajari dengan mudah. Hal ini harus diterapkan sejak kecil agar melekat di diri seseorang.

Pentingnya Investasi Untuk Masa Depan

  • Perencanaan Keuangan yang Jelas

    Kenyataannya adalah para milenial sangat sulit untuk mengatur keuangan. Dikarenakan zaman yang sudah berkembang, banyak sekali kebutuhan, keinginan dan gengsi yang dirasa harus dipenuhi.

    Padahal dengan mengalokasikan sebagian pendapatan untuk berinvestasi dapat menyelamatkan para milenial dari masa tua yang suram Hal ini dapat dilakukan rutin perbulan untuk menciptakan kebiasaan yang baik.

  • Mendapatkan Keuntungan Lebih

    Belajar berinvestasi menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para milenial. Disamping tabungan, investasi membuat milenial dapat lepas dari bekerja seumur hidup di masa depan. Karena ketika berinvestasi, milenial dapat menghasilkan uang dari uang.

  • Hari Tua Tenang

    Jika para milenial mulai belajar berinvestasi sedini mungkin, dapat dipastikan itu akan menjadi suatu kebiasaan yang sangat baik. Sehingga masalah besar seperti uang pendidikan anak, dana darurat, dana pensiun, dan lain lain dapat terpecahkan jika melakukan investasi.

Metode Nabung Unik Untuk Para Milenial

  1. Nabung Sesuai Kalender

    Nabung jenis ini adalah ketika anda menyisihkan uang sesuai dengan tanggal yang ada di kalender. Misalnya tanggal 1 dimulai dari Rp 1.000, tanggal 14 berarti Rp 14.000 dan seterusnya. Dengan cara yang sangat mudah ini tidak terasa kamu akan mempunyai Rp 465.000 per 30 hari.

  2. Nabung Acak

    Metode ini anda harus menentukan total tabungan yang anda inginkan. Misalnya anda ingin target Rp 12 juta. Setelah menentukan target, anda hanya harus memecah nominal tabung menjadi lebih kecil. Anggapan anda ingin menabung selama 1 tahun, maka anda dapat memecah nominal per hari sehingga mencapai target anda.

  3. Nabung Receh

    Uang receh biasanya tidak terlalu dipedulikan oleh milenial. Namun jangan salah, uang receh dari hasil kembalian anda di Indomaret, kembalian parkir, belanjaan dll jika ditabung dapat menghasilkan uang yang besar juga. Nabung receh akan sangat tidak berasa dan sangat mudah dilakukan.

  4. Nabung Nominal Tertentu

    Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan anda. Misalkan anda tidak masalah menabung uang Rp 20.000. Maka setiap mendapatkan uang pecahan tersebut, anda tidak boleh membelanjakannya, melainkan harus anda tabung.

  5. Nabung Otomatis

    Hal ini juga mudah dilakukan karena anda bisa auto debet nominal yang anda inginkan untuk disisihkan ke dalam tabungan. Sehingga uang di rekening anda tidak akan terpakai semuanya.